Diberdayakan oleh Blogger.

Sugeng Rawuh Wonten Mriki Kabar Gombong dan Sekitarnya

24 Okt 2009

Golak & Gembus, jajanan khas

Golak & Gembus(Enggeng) adalah jajanan khas dari Karanganyar, Kebumen, Gombong, Cilacap, Banyumas dan sekitar. Biasanya jajanan ini dijual manakala ada pertunjukan rakyat seperti ada yang nanggap Kuda Lumping dan Wayang. Dengan demikian, memang susah mencari jajanan ini pada hari-hari biasa.
Perbedaan antara Golak & Gembus adalah berdasarkan bentuknya. Golak dibentuk seperti angka delapan "8" besar-besar (lebih besar dari lanting), sedangkan Gembus dibentuk huruf nol "O". Kedua-duanya digoreng dengan minyak kelapa, dan enak dimakan sewaktu jajanan tersebut masih fresh dan hangat.

Bagaimana dara membuat Gembus & Golak? Bahan utama untuk membuat Golak & Gembus adalah ketela pohon / singkong. Untuk itu perlu dipilih singkong yang bagus dan tidak mengandung racun, karena ada beberapa jenis singkong yang mengandung racun. Singkong dikuliti dan direndah terlebih dahulu untuk membuang racun atau zat yang tidak diinginkan, dan dijemur. Kemudian singkong diparut kasar, kemudian dicampur sedikit air, ditambah bumbu, dan diaduk-aduk kental seperti lempung. Selanjutnya dibentuk menjadi Golak & Gembus dan digoreng dengan minyak kelapa.

Anak-anak jaman sekarang lebih menyukai jajanan pabrik seperti ciki, wafer, roti dan lain-lain, sehingga mereka tidak mengenal Golak & Gembus. Apakah jajanan khas ini akan semakin langka dan sulit didapat, hanya waktu yang bisa menjawabnya.(sumber artikel dari ini)

5 komentar:

  1. siki wis langka bakulan sing dodol lkaya kiye

    BalasHapus
  2. bro, ijin ngopi gambar Gembus.

    thx.

    Miker - Cilacap

    BalasHapus
  3. siki tesih ana ora yah bakul gembus nang sangkal putung,nek gemien nang ngisor wit asem pertigaan,,tepate nang ngisor wit asem..

    BalasHapus
  4. iyahh biyen aku cilik tesih kelingan dodolane neng samping pos penjagaan sayang tukang go mabokan.kayane wis ora ana kali kuwe wit asem me juga wis di pangkas jadi rada panas

    BalasHapus
  5. aku dadi pengin gembus Loh....
    apa mning ger Lagi hari minggu nang pantai teluk pnyu,,,, mesti akeh bakuL gembus....
    I miss U gembus

    BalasHapus