Diberdayakan oleh Blogger.

Sugeng Rawuh Wonten Mriki Kabar Gombong dan Sekitarnya

17 Jan 2009

Goa Petruk

Bagi Anda yang menginginkan wisata alami di lokasi gua-gua alami, gua Petruk bisa menjadi tujuan wisata Anda. Goa Petruk yag terletak di Desa Candirengga, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Berjarak 15 km dari kota Gombong dan 25 km dari Kabupaten Kebumen.


Luas areal wisata goa alami ini sekitar 0,51 hektar. Kondisi jalan menuju lokasi sudah beraspal dan mudah dicapai, kira-kira 25 kilometer dari Kota Kebumen. Pada jalur ini juga terdapat obyek wisata Goa Jatijajar dan Pantai Logending yang hanya berjarak beberapa kilometer.

Nama Goa Petruk berasal dari abdi setia Pendawa (lima satria) yang memiliki hidung mancung. Dalam goa ini mempunyai tiga tingkat bentuk stalagtit dan stalagmit yang indah. Air terjun yang indah di dalam goa seperti sabun yang berbusa. Bila masuk ke Goa Petruk kita akan melalui trap-trap tangga yang cukup indah.

Gua Petruk ini memiliki ruangan berbentuk horisontal, namun di kedalaman tertentu ada bagian yang basah, karena masih ada sungainya stalagtit dan stalagmit yang memukau. Hampir semuanya masih alami.
Selain itu ada batu yang bernama macan tidur, karena mirip bentuk macan yang lagi tidur. Kemudian ada juga batu kakek jenggot, berbentuk kepala kakek botak yang berjenggot, mirip logo sebuah minuman kesehatan. Ada lagi bebatuan yang mirip sarang telur.Mohon maaf untuk fotonya saya belum ada datanya.mudah-mudahan secepatnya bisa di tampilkan.



0 komentar:

Posting Komentar